Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan
Edukasiana is a scientific journal published by Papanda. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and research results that have been achieved in the field of education. Edukasiana has been published online since 2022. This Journal was published in January, April, July, and October. Edukasiana published by Papanda Publisher mainly focuses on major issues in teaching, Teaching Assessment, learning media, development of subjects of education, and management of education. This Journal received all the topics about the results of studies and research by lecturers, students, teachers, practitioners, and scientists in the field of elementary education. For the research category, articles can be written using quantitative and qualitative approaches and can be made in a variety of research designs, such as action research, experiments, and case studies.
Articles
267 Documents
Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika
Hermin Rukmini
Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Papanda Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (2442.075 KB)
|
DOI: 10.56916/ejip.v1i1.1
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya pemahaman siswa XII IPA 5 SMA Negeri 25 Bandung tahun pelajaran 2019/2020 pada mata pelajaran fisika. Penulis mencoba melakukan penelitian dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 25 Bandung dalam memahami mata pelajaran fisika pada materi Konsep dinamika rotasi benda tegar dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 25 Bandung dengan subyek siswa XII IPA 5. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus tindakan, dengan tahap setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan skor rata-rata hasil tes siswa pada mata pelajaran Fisika meningkat dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Konsep dinamika rotasi benda tegar.
Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Inggris
Lilis Indriani
Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Papanda Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (2609 KB)
|
DOI: 10.56916/ejip.v1i1.4
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar belajar siswa dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL). Guru menyampaikan tujuan, pokok-pokok pembelajaran, melaksanakan diskusi kelompok, latihan soal, memberikan motivasi belajar dan kesimpulan pada mata pelajaran Bahasa Inggris siswa kelas XI IPA 4 SMAN 25 Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan dimulai dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan model Problem Based Learning (PBL) dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil tes pada siklus 1 dan siklus 2 dengan teknik deskriptif. Artinya dari data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada dan mendiskripsikan sesuai dengan fenomena. Sedangkan untuk mengukur prestasi belajar siswa menggunakan sistem rata-rata kelas pada hasil evaluasi tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi dan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA 4 SMA N 25 Bandung dalam pembelajaran Bahasa Inggris mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan hasil observasi dan hasil tes prestasi belajar bahasa inggris. Dengan hasil tersebut maka disimpulkan penerapan model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa inggris di SMAN 25 Bandung.
Model Problem Based Instruction Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
Edi Sunjaya
Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Papanda Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (2264.164 KB)
|
DOI: 10.56916/ejip.v1i1.5
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah Model Problem Based Istruction. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa IV SDN 2 Jemaras, Cirebon yang berjumlah 23 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menentukan persentase ketuntasan belajar dan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa dan rata-rata hasil belajar IPA. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Istruction. dapat meningkatkan hasil belajar siswa IV SDN 2 Jemaras, Cirebon pada mata pelajaran IPA.
Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Esai Melalui Penerapan Media Pembelajaran Film Pendek
Euis Yeti Srinawati
Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Papanda Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1777.418 KB)
|
DOI: 10.56916/ejip.v1i1.6
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis esai kelas XII IPA 1 SMAN 1 Leuwimunding, Majalengka pada mata pelajaran bahasa indonesia dengan menerapkan media pembelejaran film pendek. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 1 SMAN 1 Leuwimunding, Majalengka pada tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran kemampuan menulis teks esai dengan media film pendek pada siswa kelas XII IPA 1 SMAN 1 Leuwimunding, Majalengka. Kemampuan menulis siswa juga menunjukkan peningkatan dari siklus I hingga siklus II. Dengan demikian, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media film pendek dapat meningkatkan kemampuan menulis teks esai siswa kelas XII IPA 1 SMAN 1 Leuwimunding, Majalengka pada mata pelajaran bahasa indonesia.
Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Keuangan
Idah Haridiati
Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Papanda Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (2053.101 KB)
|
DOI: 10.56916/ejip.v1i1.7
Hasil belajar merupakan tujuangan yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan guru di kelasnya. Guru harus mampu melaksanakan pembelajaran yang bermutu agar hasil belajar siswa sesuai dengan yang ditetapkan. Namun hasil observasi pada siswa kelas X AKL 1 SMKN 1 Lemahabang, Cirebon menunjukkan hasil belajar mata pelajaran akuntansi keuangan masih rendah, sehingga perlu dilakukan upaya agar hasil belajar siswa tersebut dapat meningkat. Upaya yang dapat dilakukan guru adalah menerapkan model pembelajaran yang dapat menjadikan siswa aktif belajar, diantaranya adalah Model problem based learning. Atas dasar tersebut penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X AKL 1 SMKN 1 Lemahabang, Cirebon pada mata pelajaran akuntansi keuangan dengan menerapkan Model problem based learning. Model dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X AKL 1 SMKN 1 Lemahabang, Cirebon pada tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran Akuntansi keuangan dengan model Problem Based Learning pada siswa kelas X AKL 1 SMKN 1 Lemahabang, Cirebon. Hasil belajar yang diperoleh siswa juga menunjukkan peningkatan dari siklus I hingga siklus II. Dengan demikian, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X AKL 1 SMKN 1 Lemahabang, Cirebon pada mata pelajaran akuntansi keuangan.
Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Menggambar Ilustrasi
Sujana Sujana
Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Papanda Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (3064.774 KB)
|
DOI: 10.56916/ejip.v1i1.15
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan hasil prestasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dalam pembelajaran menggambar ilustrasi pada siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Jalaksana , penelitian ini dilakukan dalam dua siklus di kelas XI MIPA 3 dengan jumlah siswa 36 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi, dokumentasi dan tes. Data nilai untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TGT dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses penerapan model pembelajaran TGT dalam pembelajaran menggambar ilustrasi kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Jalaksana berjalan dengan lancar, sangat kompetitif dan sangat menyenangkan bagi siswa. (2) Prestasi belajar siswa dalam pembelajaran menggambar ilustrasi mengalami peningkatan setelah penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran TGT, dari rata-rata 58,00 menjadi 92,11. Skor tertinggi sebelum pelaksanaan tindakan kelas adalah 80 yang meningkat menjadi nilai 100 setelah pelaksanaan tindakan kelas. Nilai terendah sebelum penerapan tindakan kelas adalah 32 menjadi nilai 88 setelah penerapan tindakan kelas. (3) Model pembelajaran TGT dapat meningkatkan kinerja guru, aktivitas siswa dan sikap siswa dalam pembelajaran menggambar ilustrasi, siswa menjadi sangat antusias dan aktif dalam kegiatan pembelajaran menggambar ilustrasi.
Penerapan Supervisi Akademik Kepala Sekolah: Studi Tentang Kompetensi Pedagogik Guru
Ading Ading
Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Papanda Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (637.806 KB)
|
DOI: 10.56916/ejip.v1i2.17
Kondisi guru di SDN Banjaran Kabupaten Majalengka menunjukkan masih jauh dari kondisi ideal. Hasil survei awal dalam pelaksanaan tugas guru, kompetensi pedagogik guru belum tampak menunjukkan keterampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Supervisi akademik adalah tindakan yang dipilih peneliti untuk membantu guru mengembangkan kemampuan pedagogik guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilakukan dalam 2 siklus dengan masing masing siklus dilaksanakan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah 7 orang guru SDN Banjaran Kabupaten Majalengka. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil analisa data diperoleh paparan yang membuktikan bahwa aspek yang kompetensi pedagogik yang menjadi sasaran penelitian menunjukan peningkatan dalam 2 siklus penelitian. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru.
Penggunaan Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar
Sahno Sahno
Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Papanda Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (630.503 KB)
|
DOI: 10.56916/ejip.v1i2.18
Salah satu permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia adalah kesulitan siswa dalam menuangkan pikiran untuk menulis karangan narasi. Kesulitan yang dihadapi siswa seperti kesulitan menggunakan pilihan kata, menentukan tema, mengembangkan kerangka. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini berusaha meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan media gambar berseri. Metode penelitian menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek siswa kelas IV SDN Sadari 1 Majalengka. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan catatan lapangan. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi. Dengan demikian pembelajaran menulis karangan narasi efektif dilakukan dengan menggunakan media gambar berseri.
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dengan Menerapkan Model Problem Posing
Wawat Wawat
Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Papanda Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (646.412 KB)
|
DOI: 10.56916/ejip.v1i2.19
Fokus penting dalam pembelajaran matematika di sekolah adalah pemecahan masalah. Namun beberapa hasil studi menunjukkan kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah sehingga perlu ada upaya untuk meningkatkannya. Beberapa literatur menunjukkan model pembelajaran problem posing efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan model Problem Posing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan melalui dua siklus kegiatan dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sadasari III dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, dengan alat yang digunakan adalah lembar observasi dan soal pemecahan masalah matematika. Berdasarkan data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa meningkat dari siklus 1 hingga siklus 2. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model problem posing dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika.
Pendekatan Somatic Auditory Visualization and Intellectualy Dengan Media Video Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar
Eem Haemi
Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2022)
Publisher : Papanda Publisher
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (653.266 KB)
|
DOI: 10.56916/ejip.v1i2.20
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa Kelas IV SDN Baturuyuk II, Majalengka pada mata pelajaran IPS. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan Somatic, Auditory, Visualization, dan Intelectually (SAVI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek adalah siswa Kelas IV SDN Baturuyuk II, Majalengka. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus pada tahun 2022. Hasil penelitian tindakan kelas terhadap ketrampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada pembelajaran IPS melalui pendekatan Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dengan media video pembelajaran pada siswa kelas IV SDN Baturuyuk II menunjukkan adanya peningkatan secara kuantitatif maupun kualitatif. Dengan hasil tersebut maka disimpulkan penerapan pendekatan Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) dengan media video pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Baturuyuk II Majalengka.