Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya tingkat keberhasilan dalam mata pelajaran matematika adalah salah dalam pemilihan metode dan model pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian Meta Analisis yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Matematika Siswa Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai Pre-Test dan Post-Test sebesar 25,32. Uji normalitas yang dilakukan memperlihatkan hasil Sig. 0,200 > 0,05 yang artinya data berdistribusi normal. Kemudian Uji homogen dengan hasil Sig. 0,835 > 0,05 yang artinya data memiliki variasi sama atau homogen. Uji linearitas yang dilakukan memperlihatkan hasil Sig. 0,106 > 0,05 berarti skor Pretest dan Posttest Model Pembelajaran Problem Solving memiliki data yang linear. Uji anova menunjukan nilai Signifikansi sebesar 0,039 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian tersebut menunjukan Effect Size model pembelajaran Problem Solving berpengaruh tergolong sedang dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada matematika sekolah dasar.
Copyrights © 2022