Penelitian ini befokus pada aspek menentukan, menggambarkan secara terperinci, dan menguraikan analisis pemanfaatan google meet serta google classroom dalam seminar kelompok mahasiswa berbasis pembelajaran mind map pada mata kuliah Wicara Publik (WP). Penelitian ini berbentuk kualitatif dan metode deskriptif. Penggunaan google meet dan google classroom dalam seminar kelompok mahasiswa berbasispembelajaran mind map sebagai sumber data. Data penelitian ini berupa desain, dan keefektifan pembelajaran berupa hasil pembelajaran dalam seminar kelompok mahasiswa berbasis pembelajaran mind map pada mata kuliah WP yang diperoleh melalui hasil penilaian seminar dan jawaban responden setelah mengikuti pembelajaran (kuesioner). Pereduksian dan penyajian data serta penyimpulan termasuk tahap teknik analisis. Mahasiswa memperoleh hasil yang sangat baik dalam aspek afektif, kognitif, dan psikomotor dalam seminar kelompok. Responden lebih dominan menyetujui keefektifan penggunaan aplikasi dan metode tersebut dalam pembelajaran online. Secara aspek kemudahan, 50% sangat setuju, 47% setuju dan hanya 3% yang masih ragu. Secara aspek penyampaian dan pemahaman materi, 41% sangat setuju, 54% setuju, dan hanya 7 % yang masih ragu. Secara aspek manfaat, 30% sangat setuju dan 70% setuju.
Copyrights © 2022