Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan bahan ajar video dan kartu misteri dikhuskan untuk materi teks biografi sebagai opsi dalam menjalani masa new normal dari pandemi covid 19. Model pengembangan yang dipakai adalah model ADDIE, terdiri dari tahap: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Validator media terdiri dari beberapa ahli di bidangnya yakni ahli materi, ahli media, serta telah melalui tahap uji coba terbatas dan uji lapangan. Hasil dari pengembangan video ini adalah valid dan dapat digunakan untuk materi teks biografi siswa kelas X. hal ini dapat ditunjukkan pada uji efektivitas yang memperoleh skor rata-rata lebih tinggi 87,6 pada saat pos tes, sedangkan pra tes 56,0. Uji validitas produk dilakukan oleh ahli materi 88%, ahli media, 80%, uji coba terbatas 83%, dan uji coba lapangan 82% masuk dalam kategori valid dan dapat digunakan sebagai bahan ajar. Penelitian pengembangan bahan ajar video dan kartu misteri dikhususkan untuk materi teks biografi siswa kelas X SMK National Media Center (NMC) kota Malang sebagai opsi menjalani masa new normal dari pandemi covid 19. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE terdiri dari tahap: 1) analysis, 2) design, 3) development, 4) implementation, dan 5) evaluation.
Copyrights © 2022