Wahana Matematika dan Sains
Vol. 16 No. 2 (2022): Agustus 2022

Profil Miskonsepsi Mahasiswa Prodi S2 Pendidikan IPA pada Materi Optik menggunakan Tes Diagnostik Four Tier Test

A.A. Istri Rai Sudiatmika (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Wayan Subagia (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi mahasiswa pada konsep optik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini sebanyak 15 mahasiswa program studi S2 Pendidikan IPA. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik quota sampling yaitu semua populasi menjadi sample, sehingga sample penelitian berjumlah 15 orang. Data miskonsepsi dikumpulkan dengan 7 soal tes diagnostik dan dianalisis dengan metode Four Tier Test. Hasil analisis menunjukkan bahwa: four-tier diagnostic test dapat digunakan untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami mahasiswa pada konsep tertentu dengan baik. Terdapat sebaran dari konsepsi mahasiswa pada konsep optik yaitu mahasiswa yang memahami konsep berada pada rentang 26,67%-93,33%, tidak tahu konsep berada pada rentang 0-13,33%, menebak pada rentang 0-6,67%, dan miskonsepsi berada pada rentang 6,67%-60%. Hasil penelitian  ini dapat dijadikan dasar dalam merancang pembelajaran pada mata kuliah di prodi S2 Pendidikan IPA agar pemahaman konsep fisika mahasiswa calon guru semakin baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Description

Wahana Matematika dan Sains merupakan jurnal yang menampung tulisan hasil penelitian atau kajian pustaka dalam bidang MIPA atau pendidikan MIPA yang belum pernah atau tidak dalam sedang proses untuk dipublikasikan pada jurnal lain. Tulisan bisa dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa ...