Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi mahasiswa pada konsep optik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini sebanyak 15 mahasiswa program studi S2 Pendidikan IPA. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik quota sampling yaitu semua populasi menjadi sample, sehingga sample penelitian berjumlah 15 orang. Data miskonsepsi dikumpulkan dengan 7 soal tes diagnostik dan dianalisis dengan metode Four Tier Test. Hasil analisis menunjukkan bahwa: four-tier diagnostic test dapat digunakan untuk mengetahui miskonsepsi yang dialami mahasiswa pada konsep tertentu dengan baik. Terdapat sebaran dari konsepsi mahasiswa pada konsep optik yaitu mahasiswa yang memahami konsep berada pada rentang 26,67%-93,33%, tidak tahu konsep berada pada rentang 0-13,33%, menebak pada rentang 0-6,67%, dan miskonsepsi berada pada rentang 6,67%-60%. Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar dalam merancang pembelajaran pada mata kuliah di prodi S2 Pendidikan IPA agar pemahaman konsep fisika mahasiswa calon guru semakin baik.
Copyrights © 2022