Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi
Vol 18, No 2 (2020): Buletin Ekonomi: Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Akuntansi

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI ULANG D’FRESCO DONUT MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI

Handayani Tri Wijayanti (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atma Bhakti)
Siti Almaidah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Atma Bhakti)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2021

Abstract

The culinary business in Solo continues to grow along with the development of Solo City to become one of the tourist destinations in Indonesia. One of the culinary businesses that is growing is typical snacks of Solo City and present cakes. Currently, the most popular cakes include donuts. Changes in consumer tastes and market demands require companies to make innovative and creative efforts towards their products and marketing strategies. This study was intended to examine the effect of product quality and service quality on D'Fresco Donut repurchase interest through customer satisfaction as the mediating variable. The sample in this study amounted to 150 respondents. The sampling procedure uses accidental sampling. The analysis techniques used include: (1) descriptive analysis, (2) testing research instruments,  (3) classical assumption test, and (4) path analysis. The results showed that there was an effect of product quality and service quality on repurchase interest mediated by customer satisfaction. Bisnis kuliner di Kota Solo terus berkembang seiring dengan perkembangan Kota Solo menjadi salah satu tujuan wisata di Indonesia. Salah satu bisnis kuliner yang sedang berkembang adalah jajanan khas Kota Solo dan kue kekinian. Saat ini kue kekinian yang sedang digemari tersebut diantaranya adalah Donat. Perubahan selera konsumen dan permintaan pasar menuntut perusahaan untuk melakukan upaya inovatif dan kreatif terhadap produk dan strategi pemasarannya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji tentang pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang D’Fresco Donut melalui kepuasan pelanggan sebagai varibel pemediasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 responden. Prosedur pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan diantaranya: (1) analisis deskriptif, (2) pengujian instrumen penelitian, (3) uji asumsi klasik, dan (4) path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang dengan dimediasi kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BE

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Diterbitkan oleh FEB UPN ”Veteran” Yogyakarta sebagai media yang bertujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian maupun telaah teori yang berhubungan dengan ilmu manajemen, akuntansi dan ekonomi pembangunan. Buletin Ekonomi terbit setahun dua kali, setiap bulan April dan Oktober dengan format ...