G-Tech : Jurnal Teknologi Terapan
Vol 6 No 2 (2022): G-Tech, Vol. 6 No. 2 Oktober 2022

Inovasi 3D Virtual Reality Exhibition dalam Konsep e-Marketplace untuk UMKM Binaan MUI Menggunakan Metode Occlusion Based Berbasis Web dan Mobile

Ananda Faridhatul Ulva (Universitas Malikussaleh)
Rizky Putra Fhonna (Universitas Malikussaleh)
Hafizh Al Kautsar Aidilof (Universitas Malikussaleh)
Muzakir Nur (Universitas Malikussaleh)
Muhammad Zikri (Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Konsep Virtual Reality dengan animasi 3 Dimensi menjadi sebuah inovasi pada kegiatan pameran secara online pada saat pandemic.Tujuan dari penelitian ini adalah sebuah penerapan racangan 3D pada sebuah platform pameran dengan konsep marketplace di 3D Virtual Reality. Adanya penerapan Occlusion Based untuk membangun e-Matketplace sehingga konsep 3D Virtual Exhibitionnya  hidup. Sehingga sistem pameran akan terlihat nyata, terlihat adanya animasi, sebuah konsep gedung, dan ada sistem manajemen web backend sehingga mudah dalam mengkontrol sistem aplikasi ini nantinya. Metode Pengembangan sistem yang cocok dalam pengembangan aplikasi ini adalah dengan metode ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluate. Dari hasil yag dirancang didapat sebuah konsep pameran dengan suguhan berbeda, dan banyak konsumen yang tertarik dengan konsep virtual reality. Karena konsep ini dibangun dengan metode Occlusion Based sehingga menjadikan sistem pameran ini seperti nyata.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

g-tech

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Energy Engineering

Description

Jurnal G-Tech bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang teknologi dan terapan pada ruang lingkup keteknikan meliputi teknik mesin, teknik elektro, teknik informatika, sistem informasi, agroteknologi, ...