Melalui komunikasi matematis yang baik dapat menjadikan mahasiswa memiliki kemampuan dalam menyampaikan ide atau pemikiran secara tepat sehingga dapat meyakinkan diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik komunikasi matematis yang dimiliki oleh mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, di mana pegumpulan data dilakukan melalui pemberian lembar tes kepada mahasiswa calon guru sekolah dasar sebagai partisipan dan diselesaikan dengan think aloud. Partisipan dikelompokkan berdasarkan kemampuan komunikasi matematis baik dan kurang. Hasil penelitian menunjukkan tidak semua partisipan memenuhi ketiga indikator komunikasi matematis dalam menyelesaikan masalah, sehingga terdapat perbedaan karakteristik pada partisipan dengan kemampuan baik dan kurang. Penelitian dapat dilanjutkan dengan melakukan penambahan prosedur pengumpulan data, yaitu proses wawancara, sehingga keterbatasan dalam penelitian ini dapat disempurnakan.
Copyrights © 2021