Gatranusantara
Vol. 18 No. 2 (2020): Oktober

PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN MENYENANGKAN DI PRODI PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI LMS E-LEARNING DI ERA INDUSTRI 4.0

Anif Istianah (Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan FKIP Undana)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2020

Abstract

Tuntutan pembelajaran era milenial adalah mengoptimalkan pemanfaatan teknologi. Revolusi industri 4.0 dan abad 21 sangat mempengaruhi aspek kehidupan baik pendidikan, sosial, politik, budaya, dan ekonomi. Dibidang pendidikan, teknologi dimanfaatkan beragam baik pra-pembelajaran, proses pembelajaran maupun pasca pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan pembelajaran interaktif dan menyenangkan di Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui LMS E-Learning di era Industri 4.0. Metode dan pendekatan penelitian yang digunakan adalah library research (penelitian kepustakaan). Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, yakni dari buku, makalah, artikel, jurnal dan sebagainya yang relevan. Analisis data menggunakan content analysis, guna mendapatkan invensi yang kredibel dan dapat digunakan atau diteliti ulang berdasarkan konteksnya. Untuk menjaga ketepatan hal yang dikaji dan guna mencegah kesalahan informasi yang diungkap dalam analisis data, maka dilakukan pengecekan antar pustaka dari referensi-referensi yang digunakan. Selain itu membaca ulang pustaka-pustaka yang digunakan juga sangat penting serta memperhatikan komentar teman sejawat. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa peran teknologi dalam pembelajaran di Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sangat membantu proses pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan dalam proses perkuliahan. Pembelajaran Interaktif dan menyenangkan prodi Pendidikan Pancaila dan Kewarganegaraan melalui LMS E-learning di Era Revolusi Industri 4.0 membantu pembelajaran yang lebih kreatif, inovatif, interaktif, dan menyenangkan dengan adanya kegiatan-kegiatan yang berbasis teknologi digital. Penggunaan E-Learning dalam pembelajaran di Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mampu mengoptimalkan pemahaman mahasiswa akan konsepsi abstrak objek kajian pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, penguasaan teknologi informasi dan komunikasi melalui penugasan melalui platform LMS E-learning yang bervariasi dan fleksibilitas waktu mahasiswa dalam mengakses materi pembelajaran. Keywords Pembelajaran Interaktif, Menyenangkan, E-lerning

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JG

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Gatranusantara (JG), p-ISSN: 1858-2893 dan e-ISSN:2722-5151, merupakan media publikasi bagi para peneliti dan pemerhati di bidang Hukum, Budaya dan Pendidikan. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pancasila dan ...