Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pencapaian hasil belajar fisika siswa yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Prediction-Observation-Explanation (POE) dengan menggunakan teknik Giving Question and Getting Answer (GQGA) dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Prediction-Observation-Explanation (POE) menggunakan teknik probing, 2) Untuk mengetahui apakah hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Prediction- Observation-Explanation (POE) denganteknik Giving Question and Getting Answer (GQGA) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Prediction- Observation-Explanation (POE) menggunakan teknik probing. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA SMA N 7 Kupang sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas XI MIA4sebagai kelas eksperimen yang melibatkan 35 orang siswa dan kelas XI MIA2 sebagai kelas kontrol yang melibatkan 30 orang siswa. Pengambilan sampel ini dilakukan secara acak (random sampling). Instrumen penelitian ini berupa Lembar Observasi Siswa dan soal tes hasil belajar fisika siswa dengan bentuk soal essay yang sudah valid dan reliabel. Hasil analisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α =0,05disimpulkan bahwa 1)terdapat perbedaan pencapaian hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Prediction-Observation-Explanation (POE) dengan teknik Giving Question and Getting Answer (GQGA) dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Prediction-Observation-Explanation (POE) menggunakan teknik probingdimana thitung untuk ranah afektif, psikomotor dan kognitif masing-masing 4,77;2,82;10,01>ttabel = 1,998 2) Hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Prediction-Observation-Explanation (POE) denganteknik Giving Question and Getting Answer (GQGA) lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan menggunakan model Pembelajaran Prediction-Observation-Explanation (POE) menggunakan teknikprobing dimana thitung untuk ranah afektif, psikomotor dan kognitif masing- masing 4,77;2,82;10,01>ttabel = 1,6695.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019