Gatranusantara
Vol. 18 No. 1 (2020): April

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN GROUPS INVESTIGATION DENGAN METODE STRUCTURE EXERCISE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 TAKARI

Marsi Bani (Dosen Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Nusa Cendana, Kupang)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian control group pretest-posttest, yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Takari pada bulan Mei tahun ajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan peningkatan prestasi belajar fisika siswa antara siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individulization dengan metode Structure Exercise dengan siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Groups Investigation dengan menggunakan metode Structure Exercise dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan prestasi belajar fisika siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan metode Structure Exercise lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan metode Structure Exercise. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Takari sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas XI IPA1 sebagai kelas ekperimen yang melibatkan 21 orang siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan metode Structure Exercise dan kelas XI IPA2 sebagai kelas kontrol yang melibatkan 21 orang siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Groups Investigation dengan menggunakan metode Structure Exercise. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik non random sampling jenis purposive sampling. Instrumen penelitian ini berupa soal tes prestasi belajar siswa dengan bentuk soal pilihan ganda yang sudah divalidasi. Hasil analisis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan peningkatan prestasi belajar fisika siswa yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan metode Structure Exercise dengan siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Groups Investigation dengan metode Structure Exercise dimana thitung= 3,977 > ttabel = 2,02107. (2) Peningkatan prestasi belajar fisika siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan teknik metode Structure Exercise lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Groups Investigation dengan metode Structure Exercise dimana thitung = 3,977 > ttabel = 1,68385.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JG

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Gatranusantara (JG), p-ISSN: 1858-2893 dan e-ISSN:2722-5151, merupakan media publikasi bagi para peneliti dan pemerhati di bidang Hukum, Budaya dan Pendidikan. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pancasila dan ...