Gatranusantara
Vol. 19 No. 1 (2021): April

KAJIAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA

Marsi Bani (Staf Pengajar pada Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Undana)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2021

Abstract

Pembelajaran yang diciptakan guru harus memperlihatkan adanya interaksi antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa yang lainnya, dan siswa dengan berbagai sumber belajar sehingga pembelajaran yang berkualitas dapat dicapai. Pembelajaran yang efektif dan inovatif sangat membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran siswa tidak hanya diberikan materi dengan ceramah, namun diberi kesempatan untuk mengkonstruksi konsep-konsep materi yang diajarkan. Untuk itu, guru sebagai perancang pembelajaran bertugas membantu siswa dengan merancang pembelajaran yang kondusif sehingga tercipta pembelajaran yang efektif bagi siswa, untuk menjawab permasalahan ini dilakukan pengkajian model pembelajaran jigsaw terhadap peningkatan prestasi belajar fisika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka/ studi literature. Dari hasil pengkajian didapatkan hasil Model pembelajaran jigsaw terdiri atas langkah-langkah pembentukan kelompok asal, pembelajaran pada kelompok asal, pembentukan kelompok ahli, diskusi kelompok ahli, diskusi kelompok asal, diskusi kelas, pemberian kuis dan pemberian reward, Penerapan model pembelajara jigsaw sesuai dengan langkah-langkah pembelajarannya dapat meningkatkan prestasi belajar Fisika siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JG

Publisher

Subject

Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Gatranusantara (JG), p-ISSN: 1858-2893 dan e-ISSN:2722-5151, merupakan media publikasi bagi para peneliti dan pemerhati di bidang Hukum, Budaya dan Pendidikan. Jurnal ini diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Pancasila dan ...