Jurnal Pendidikan Transformatif
Vol. 1 No. 1 (2022): Oktober 2022

Diskursus Relasi Pengaruh Modal Psikologis terhadap Inovasi Guru

Masduki Asbari (Universitas Insan Pembangunan Indonesia)
Agus Purwanto (Universitas Pramita Indonesia, Indonesia)
Dewiana Novitasari (Universitas Insan Pembangunan Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh modal psikologis terhadap perilaku inovasi individu pada guru di salah satu sekolah swasta di Tangerang. Data dikumpulkan dari 97 kuesioner yang dikembalikan dari sampel yang diambil secara random sampling. Data dianalisis menggunakan metode SEM dengan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modal psikologis berpengaruh signifikan terhadap perilaku inovasi individu guru. Penelitian baru ini mengusulkan suatu model untuk mengelola perilaku inovasi individu pada guru di sekolah swasta di Tangerang melalui pengembangan modal psikologis. Penelitian ini dapat membuka jalan untuk meningkatkan kesiapan guru dalam menghadapi era education 4.0.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Education Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jupetra- Jurnal Pendidikan Transformatif (e-ISSN:2963-3176) adalah Jurnal jurnal peer-review yang diterbitkan oleh YAYASAN AYA SOPHIA INDONESIA pada tahun 2022. Kami menerbitkan makalah penelitian asli, artikel review dan studi kasus berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan ...