Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2022): Juli

Meningkatkan Kemampuan Menyunting Paragraf Deskripsi dengan Metode Inkuiri Pada Siswa Kelas VII

lutfi, lutfi lutfi (Unknown)
Suseno, Muhclas (Unknown)
Romdani, Romdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2022

Abstract

Keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis adalah suatu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki dan dikuasai oleh peserta didik di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang kemampuan peserta didik menganalisis paragraf deskripsi menngunakan metode inkuiri, menggambarkan jalan yang jelas pada pemakaian metode inkuiri, serta menggambarkan komentar peserta didik pada pemakaian metode inkuiri. Yang menjadi sasaran penelitian ini ialah guru dan seserta didik yaitu kelas VII berjumlah 24 orang. Bertujuan meningkatkan hasil, langkah-langkah penggunaan metode inkuiri serta memperhatikan komentar peserta didik dengan penggunan metode inkuiri pada menyuntingan paragraf deskripsi. Metode yang dipakai pada penelitian ini ialah observasi dengan menggunakan angket/kuisioner serta tes. Dengan menggunakan analisis teknik deskriptif kualitatif serta deskriptif kuntitatif. Penelitian ini menghasilkan, sebagai berikut: peserta didik dapat menyunting paragraph deskriptif dengan metode inkuiri secara signifikan ada kenaikan, peserta didik dapat menyuntik paragraph deskriptif dengan memilih 11 macam tahapan penggunaan inkuiri. Hal tersebut dapat memotivasi siswa untuk giat bekerja dan belajar dengan berpikir berdasarkan kemauan, serta menumbuhkan rasa jujur, objektif, terbuka dalam menyunting parafraf deskriptif. Komentar yang diberikan peserta didik sangat baik atau positif pada penggunaan metode inkuiri pada pembelajaran di kelas dengan materi menyunting paragraf deskripsi. Dapat disimpulkan bahwa peserta didik memberikan komentar posiif dalam penggunaan metode inkuiri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...