Kecerdasan kinestetik menjadi salah satu bagian dari kecerdasan jamak pada anak usia dini yang penting untuk dikembangkan karena tidak hanya berhubungan dengan gerak fisik saja, tapi juga pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan kecerdasan kinestetik dengan penerapan tari Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui pengamatan lapangan, dokumentasi perkembangan anak, dan diperdalam dengan wawancara. Partisipan dalam penelitian ini adalah 20 orang anak kelompok B dan 5 orang guru TK. Data dianalisis dengan mengadopsi model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari Bali yang diterapkan oleh guru dalam pengembagan kecerdasan kinestetik anak adalah tari Puspawresti dan metode pembelajaran tari Bali dilakukan secara bertahap dan berulang. Kecerdasan kinestetik anak pada aspek kekuatan, koordinasi mata, tangan, maupun kaki, keseimbangan, kecepatan, dan kelenturan terlihat berkembang lebih baik dengan adanya penerapan tari puspawresti. Selain menjadi salah satu cara dalam pengembangan kecerdasan kinestetik, penerapan tari Bali di PAUD juga menjadi bagian pengenalan budaya daerah kepada anak usia dini.
Copyrights © 2022