Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui permainan matematika di Kelompok B TK Negeri 01 Kampung Baru, Kecamatan Rumbia Tengah, Kabupaten Bombana. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik pada Kelompok B TK Negeri 01 Kampung Baru Kecamatan Rumbia Tengah Kabupaten Bombana yang berjumlah 15 anak yang terdiri atas 7 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Berdasarkan analisis perolehan persentase aktivitas mengajar guru pada siklus I yaitu 78,6% atau 11 aspek yang dicapai, dan siklus II yaitu 92,9% atau 13 aspek yang dicapai. Perolehan persentase aktivitas belajar anak didik siklus I diperoleh persentase sebesar 71,4% atau 10 aspek yang dicapai dan siklus II diperoleh persentase sebesar 92,9% atau 13 aspek yang dicapai. Hasil belajar anak pada siklus I diperoleh persentase 66,7% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu diperoleh persentase sebesar 86,7%.
Copyrights © 2022