Indikator berhasil atau tidaknya kepemimpinan kepala sekolah dapat dilihat dari baik atau buruknya mutu sekolah tersebut. Salah satu usaha yang dilakukan oleh kepala SMK PP Negeri Jambi adalah kepala sekolah berkontribusi pada peningkatan kinerja organisasi secara keseluruhan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kinerja guru dengan mengimplementasikan construction supervision di SMK PP Negeri Jambi Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS). Penentuan informan dilakukakan secara purposive sampling (sampel bertujuan) dengan maksud peneliti menemukan sendiri informan penelitian berdasarkan tujuan penelitian, informan yang terpilih adalah guru mata pelajaran agama di SMK PP Negeri Jambi Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 2 orang. Data dalam penelitian ini terdiri atas (1) data primer di dapat dari sumber informan yaitu individu atau perseorangan seperti hasil wawancara, dan observasi yang dilakukan oleh peneliti, (2) data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumentasi yang dapat digunakan untuk mendukung informasi primer yang telah diperoleh yaitu dari bahan pustaka, literatur, penelitian terdahulu, buku, dan lain sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi pendidikan yang dilakukan oleh kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap perubahan kinerja guru. Kinerja guru akan dapat ditingkatkan bila supervisi pendidikan kepala sekolah dalam bentuk kepemimpinan dan pengawasan ditingkatkan. Supervisi pendidikan sangat tepat untuk dilakukan sebagai upaya meningkatkan kinerja guru.
Copyrights © 2020