Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman peserta didik terhadap materi masih sangat kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika menggunakan aplikasi Powtoon pada materi impuls dan momentum yang valid. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Penyebaran (Disseminate). Pada tahap Pengembangan (Development) terdapat uji validasi dan subjek penelitian ini adalah 3 orang validator. Penilaian validitas dilakukan oleh ahli media, materi dan bahasa. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan nilai 32 pada rentang 30,6 < X < 37,8 dengan katergori baik, ahli materi mendapatkan nilai 48 pada rentang 40,8 < X ≤ 50,4 dengan katergori baik dan ahli bahasa mendapatkan nilai 24 pada rentang 20,4 < X ≤ 25,2 dengan katergori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa validitas media pembelajaran fisika berbasis Powtoon dengan pendekatan kontesktaul materi impuls dan momentum yang dihasilkan baik dari aspek media, materi maupun bahasa mencapai kriteria valid. Kata kunci: Pengembangan, Powtoon, Impuls dan Momentum, Validasi.
Copyrights © 2022