Jurnal Fisika Indonesia
Vol 26, No 1 (2022): Vol 26, No 1 (2022)

Kevalidan Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Powtoon dengan Pendekatan Kontekstual Materi Impuls dan Momentum

Fir Daus (Universitas PGRI Silampari)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman peserta didik terhadap materi masih sangat kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran fisika menggunakan aplikasi Powtoon pada materi impuls dan momentum yang valid. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Penyebaran (Disseminate). Pada tahap Pengembangan (Development) terdapat uji validasi dan subjek penelitian ini adalah 3 orang validator. Penilaian validitas dilakukan oleh ahli media, materi dan bahasa. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan nilai 32 pada rentang 30,6 < X < 37,8 dengan katergori baik, ahli materi mendapatkan nilai 48 pada rentang 40,8 < X  ≤ 50,4 dengan katergori baik dan ahli bahasa mendapatkan nilai 24 pada rentang 20,4 < X ≤ 25,2 dengan katergori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa validitas media pembelajaran fisika berbasis Powtoon dengan pendekatan kontesktaul materi impuls dan momentum yang dihasilkan baik dari aspek media, materi maupun bahasa mencapai kriteria valid. Kata kunci: Pengembangan, Powtoon, Impuls dan Momentum, Validasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jfi

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Energy Physics

Description

Jurnal Fisika Indonesia (JFI) Is an open access scientific peer-reviewed journal published by Department of Physics Universitas Gadjah Mada that publishes researches on Physics, covering both theory, experiments, computation and applied physics including geophysics. We have a mission to build ...