Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru di SMA Negeri1 Jonggat dan MA Negeri 2 Lombok Tengah, kendala-kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru SMA Negeri1 Jonggat dan MA Negeri 2 Lombok Tengah, dan mengetahui solusi yang dilakukan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru SMA Negeri 1 Jonggat dan MAN 2 Lombok Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru yang mengajar di SMA Negeri 1 Jonggat dan MA Negeri 2 Lombok Tengah tahun 2021. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis kualitatif dengan reduksi data, display data, dan veryfikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Ada berbagai strategi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru di SMA Negeri1 Jonggat dan MA Negeri 2 Lombok guna peningkatan kompetensi guru untuk dapat mewujudkan visi misi lembaga, diantara strategi yang telah dilakukan adalah sebagai berikut; mengikutkan guru dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan tenaga guru (PPTG) dan tenaga kependidikan pada umumnya, supervisi, menumbuhkan kreativitas guru, memotivasi guru, penataran dan lokakarya, pengajaran mikro, meningkatkan sarana dan prasarana, mengikut sertakan guru dalam program MGMP. (2). Kendala-kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru SMA Negeri 1 Jonggat dan MA Negeri 2 Lombok Tengah antaralain; sistem pembinaan yang kurang memadai, sikap mental yang kurang menunjang, kurangya koordinasi kegiatan pembinaan dari berbagai pihak yang berwenang, dan banyaknya guru yang gagap teknologi. (3). Solusi yang dilakukan dalam peningkatan kompetensi guru antara lain; memanfaatkan waktu, tenaga dan biaya sebaik mungkin, menambah pengetahuan, peningkatan metode dengan cara mengikuti kegiatan pelatihan-pelatihan yang sifatnya insidental, dan melengkapi sarana prasarana, termasuk teknologi informasi.
Copyrights © 2022