Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa setelah diterapkannya modifikasi model pembelajaran Discojipada mata pelajaran ekonomi materi pendapatan nasional di SMAN 1 Patimpeng. Peneilitan ini merupakan penelittian eksperimen dengan jenis desain penelitian nonequivalent control group design.Jumlah siswa yang diteliti sebanyak 55 siswa.Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMAN 1 Patimpeng. Sedangkan sampelnya terdiri dari siswa kelas XI yang berjumlah 27 siswa dan kelas X 3 berjumlah 28 orang. Dimana siswa kelas XI sebagai kelas kontrol dan siswa kelas X 3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa observasi, wawancara, tes, kuesioner (angket) dan dokumenrasi, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan pretest, treatment dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen.Analisis data nenggunakan analisis instrumen berupa uji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji IPK, uji Gain-testdan uji beda rata-rata berhubungan. Hasil pengujian hipotesis dengan uji statistik menunjukkan bahwa sig > 0.05 atau (0.25<0.05) dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang menjelaskan bahwa penerapan modifikasi model pembelajaran Discojiterhadap berpikir matematis siswa kelas XI SMAN 1 Patimpeng cukup efektif dibandingkan dengan sistem pembelajaran yang konvensional.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022