Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober)

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH

Ihsan, Ahmad Nurul (Unknown)
Suharman, Suharman (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran tipe Student Team Achievement dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang mana pada penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent-group pretest-posttest design yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas dari model pembelajaran tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen . Instrumen pada penelitian ini menggunakan uji tes soal . analisis data dengan menggunakan  uji t. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa Ada perbedaan nilai antara kelas kontrol dan kelas eksperimen berdasarkan hasil uji t  dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,005 < dari tingkat kesalahan 0.05 yang menunjukkan ada perbedaan signifikan antara nilai kelas kontrol dan nilai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil yang diperoleh terlihat bahwa nilai t hitung sebesar 5,468> dari nilai t tabel pada (df= 54)  sebesar 1,671. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa sehingga model pembelajaran STAD efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...