Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran IPS terhadap pemahaman konsep peserta didik SD Inpres Borisallo Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa, (2) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial terhadap keterampilan proses peserta didik SD Inpres Borisallo Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa, dan (3) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran IPS terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses peserta didik SD Inpres Borisallo Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas atas SD Inpres Borisallo. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 40 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan tes.Hasil penelitian yaitu (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran IPS terhadap pemahaman konsep peserta didik SD Inpres Borisallo Kec. Parangloe Kab. Gowa, hal ini terlihat dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai probabilitas < taraf kepercayaan (0,000 < 0,05); (2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran IPS terhadap keterampilan proses peserta didik SD Inpres Borisallo Kec. Parangloe Kab. Gowa, hal ini terlihat dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai probabilitas < taraf kepercayaan (0,020 < 0,05); dan (3) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran IPS terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses peserta didik SD Inpres Borisallo Kec. Parangloe Kab. Gowa, hal ini terlihat dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa nilai probabilitas < taraf kepercayaan (0,000 < 0,05).
Copyrights © 2022