JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 5, No 2: Oktober 2022

Kajian Etnosains dalam Motif Kain Songket: Perspektif Filsafat

Agus Muliadi (Universitas Pendidikan Mandalika)
Muhammad Sarjan (Universitas Mataram)
Joni Rokhmat (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2022

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengelaborasi tentang konsep etnosains pada motif kain songket dalam perpektif ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Studi ini merupakan studi literatur (library reseach) dengan sumber data adalah artikel penelitian terdahulu yang memiliki topik terkait etnosains, kearifan lokal, motif kain songket, dan konsep pembelajaran IPA. Prosedur dalam penelitian studi literatur dilaksanakan dengan tahapan-tahapan yaitu mengumpulkan data pustaka, membaca, mencatat, menelaah, mengumpulkan konsep atau naskah, kemudian dilakukan elaborasi dan eksplanasi terhadap data/teks yang terkumpul tentang pembelajaran etnosains berbasis kain songket dalam tasyrih filsafat. Hasil studi menunjukkan bahwa (1) filsafat aspek ontologi mengkaji tentang hakikat etnosains berbasis kain songket, epistemologi mengkaji tentang pemanfaatan motif kain songket sebagai sumber belajar etnosains, aksiologi mengkaji tentang implikasi dari pembelajaran etnosains berbasis motif kain songket; (2) kain songket memiliki motif wayang, motif subahnale, motif keker, motif bintang empat, dan motif alang/lumbung yang memiliki relevansi sebagai sumber belajar dalam kompetensi dasar IPA tentang mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati; menganalisis sistem perkembangbiakan pada tumbuhan dan hewan serta penerapan teknologi pada sistem reproduksi tumbuhan dan hewan; menganalisis sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...