JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 10 No 3 (2022): Vol.10. No.3 2022

UPAYA GURU PAI DALAM MENERAPKAN SITUASI BELAJAR MENGAJAR DENGAN METODE DEBAT AKTIF DI SEKOLAH SMA NEGERI 1 GONDANG KABUPATEN NGANJUK

Chusnul Chotimah (Unknown)
Cyntia Ayu Kusumaning Koeswoyo (Unknown)
Kholishotul Amaliyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2022

Abstract

Situasi belajar mengajar adalah suatu keadaan yang dapat menghasilkan perubahan perilaku pada seseorang setelah ia ditempatkan pada saat kegiatan pembelajaran yag didalamnya melibatkan tenaga pendidik serta peran aktif siswa itu sendiri. Untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang kondusif membutuhkan metode pembelajaran yang tepat. Metode merupakan salah satu faktor dalam pendidikan yang tidak kalah penting berperan dalam mensukseskan kegiatan belajar mengajar. Pemilihan metode belajar mengajar juga didasari tujuan tertentu. Metode debat aktif merupakan metode belajar mengajar yang cocok untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang kondusif. Dan SMAN 1 Gondang Nganjuk merupakan salah satu sekolah yang telah memakai metode debat aktif ini. Penelitian ini dilakukan di kelas IPA dan IPS. Berdasarkan hasil penelitian dari wawancara dengan guru PAI metode debat aktif ini dapat membantu mengembangkan pikiran murid untuk memecahkan suatu masalah, dan membiasakan murid untuk berani tampil di depan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...