Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan Google Classroom terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bogor. Penelitian termasuk jenis penelitian kuantitatif melalui pendekatan kausalitas. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Pamijahan dan SMP Aulia. Sampel penelitian berjumlah 160 siswa yang diperoleh menggunakan rumus Proporsional Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara penguasaan Google Classroom terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Terlihat dari hasil analisis statistik yang menghasilkan harga koefisien korelasi sebagai 0,992 yang berarti setiap pengaruh antar variabel cukup tinggi. Harga koefisien persamaan regresi Ŷ= 19,85+(0,37X) yang berarti setiap peningkatan satu unit penguasaan Google Classroom (X) akan meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia (Y) sebesar 0,37 unit. Konstribusi variabel penguasaan Google Classroom meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia (r²) sebesar 0,984% dengan koefisien determinasi sebesar 98,4% dan sisanya 1,6% dapat dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menegaskan penggunaan Google Classroom memberikan pengaruh baik dalam kegiatan.
Copyrights © 2022