Penelitian ini dilatarbelakangi analisis struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi berorientasi pada video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif”. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan struktur teks persuasi yang terdapat pada video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif”, (2) mendeskripsikan unsur kebahasaan yang terdapat pada video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif”, dan (3) mendeskripsikan manfaat analisis struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi yang terdapat pada iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif” dapat dijadikan bahan ajar teks persuasi SMP Kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif”. Objek penelitian ini adalah struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi yang terdapat pada video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif.” Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis berupa observasi, dokumentasi, dan simak catat untuk menyerap kalimat mana yang mengandung struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi pada video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif.” Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian pada analisis struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi pada video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif” diperoleh dari enam data yang terdapat dalam percakapan video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif” yang ditemukan penulis di atas, video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif” memiliki struktur dan unsur kebahasaan yang lengkap dengan yang seharusnya di setiap datanya. Setiap data memiliki struktur dan unsur kebahasaannya sendiri. Maka video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif” dapat dijadikan pemanfaatan selanjutnya untuk dijadikan bahan ajar teks persuasi di kelas VIII SMP.
Copyrights © 2022