JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 10 No 3 (2022): Vol.10. No.3 2022

ANALISIS STRUKTUR DAN UNSUR KEBAHASAAN TEKS PERSUASI PADA VIDEO IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “PERILAKU KONSUMTIF” DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS PERSUASI DI KELAS VIII SMP

Mila Novianti (Unknown)
Oding Supriadi (Unknown)
Hendra Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi analisis struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi berorientasi pada video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif”. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan struktur teks persuasi yang terdapat pada video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif”, (2) mendeskripsikan unsur kebahasaan yang terdapat pada video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif”, dan (3) mendeskripsikan manfaat analisis struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi yang terdapat pada iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif” dapat dijadikan bahan ajar teks persuasi SMP Kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif”. Objek penelitian ini adalah struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi yang terdapat pada video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif.” Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis berupa observasi, dokumentasi, dan simak catat untuk menyerap kalimat mana yang mengandung struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi pada video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif.” Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian pada analisis struktur dan unsur kebahasaan teks persuasi pada video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif” diperoleh dari enam data yang terdapat dalam percakapan video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif” yang ditemukan penulis di atas, video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif” memiliki struktur dan unsur kebahasaan yang lengkap dengan yang seharusnya di setiap datanya. Setiap data memiliki struktur dan unsur kebahasaannya sendiri. Maka video iklan layanan masyarakat “Perilaku Konsumtif” dapat dijadikan pemanfaatan selanjutnya untuk dijadikan bahan ajar teks persuasi di kelas VIII SMP.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...