Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP pada materi Sistem Pencernaan Manusia dengan menerapakan model discovery learning berbantuan video Animasi. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP Swasta di Gresik. Pengambilan data dilakukan pada kelas VIII A dengan siswa berjumlah 31 orang. Metode penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dengan tipe One Grup Pretest-Posttest. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis (pretest-posttest), observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respons. Pada penelitian ini didapatkan hasil persentase rerata keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan satu sebesar 89% dan pada pertemuan kedua sebesar 93% yang dikategorikan sangat baik. Hasil belajar siswa dalam uji normalitas sebesar 0,522 yang berarti terdistribusi normal, hasil rerata nilai pretest sebesar 52,58 dan posttest sebesar 83,87 memperlihatkan perbedaan kenaikan dan rerata yang signifikan, hasil N-gain sebesar 0,68 termasuk ke dalam kriteria sedang. Berdasarkan dari kriteria N-gain per siswa, sebanyak 17 siswa (61,29 %) mengalami peningkatan sedang, 12 siswa (38,70 %) mengalami peningkatan tinggi dan 2 siswa (4,16) mengalami kenaikan rendah. Kemudian respons siswa selama mengikuti pembelajaran memberikan respons positif dengan rerata kategori sebesar 82,77 %. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu penerapan model discovery learning dengan bantuan video animasi membantu memvisualisasikan materi sistem pencernaan manusia yang tergolong bersifat abstrak dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2022