Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 4 (Oktober 2022)

Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Toleransi Antar Suku Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Di Sekolah

Nevrisa Kharisma Putri (Unknown)
Hendra Harmi (Unknown)
Hartini Hartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan toleransi antar suku dengan layanan bimbingan klasikal yang diberikan oleh guru BK dan dilaksanakan oleh guru BK dan peserta didik yang sesuai dengan variabel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus.Sampel pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X jurusan Akuntansi. Hasil dari penelitian ini yaitu menyatakan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dari guru BK dilakukan sebagai peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan toleransi antar suku dan agama melalui bimbingan klasikal. Pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dimulai dari pencarian peserta didik dengan kriteria yang memenuhi dan berkaitan dengan variabel penelitian, kemudian dilanjutkan dengan mulai melakukan bimbingan klasikal. Dalam pelaksanaannya, bimbingan dilakukan dengan suasana kelas sehingga mendapatkan hasil yang diharapkan dan evaluasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...