Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepemimpinan direktur mempunyai pengaruh positif terhadap Keberhasilan Pembelajaran Di Akademi Maritim Cirebon. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan metode kuantitatif untuk mengolah data-data yang diperoleh dari lokasi penelitian, merupakan data yang berbentuk angka atau data kuantitatif yang diangkat. Sampel yang digunakan berjumlah 266 responden yang terdiri dari semua pegawai yang bekerja dalam lingkungan AMC Cirebon dan juga Taruna/wi yang sedang menempuh pembelajaran di AMC Cirebon yang diambil dengan teknik non probability sampling yaitu dengan metode jenis purposive sampling, karena dalam menentukan sampel pada penelitian ini ada pertimbangan kriteria tertentu. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, uji hipotesis dengan uji regresi secara parsial (uji t). Analisis menggunakan regresi linier sederhana didapatkan hasil Y = 25,250 + 0,671X dapat diketahui bahwa persamaan regresi menunjukan suatu pengaruh yang positif dari variabel kepemimpinan terhadap keberhasilan pembelajaran Di Akademi Maritim Cirebon. Hasil uji t memiliki nilai probabilitas sig = 0,000 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,05 ˃ 0,000 (maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya koefisien regresi adalah siginifikan. Simpulan bahwa Kepemimpinan Direktur (X) memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap keberhasilan pembelajaran (Y). Direktur Perguruan Tinggi agar mendukung dan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para tenaga pendidik untuk perlu mendapat pelatihan dan harus berupaya keras secara disiplin dalam meningkatkan produktivitas kerjanya sebagai tenaga dalam institusi tempat dimana ia bekerja dan melayani agar dapat memberikan keberhasilan dalam pembelajaran bagi semua Taruna/i yang menempuh Pendidikan di Akademi Maritim Cirebon.
Copyrights © 2021