Chalim Journal of Teaching and Learning
Vol. 2 No. 1 (2022): Islamic Education

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Religius

Busra Inco (Institut Pesantren Kh. Abdul Chalim Pacet, Mojokerto)
Muhammad Husnur Rofiq (Institut Pesantren Kh. Abdul Chalim, Pacet Mojokerto Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2022

Abstract

Penanaman nilai-nilai religious sejak usia dini pada daerah minoritas sangat penting, mengingat tantangan didaerah minoritas tersebut sangatlah sulit dikarenakan banyak faktor yang menjadi hambatan, sehingga peran dari pendidikan melalui guru pendidikan agama islam diperlukan untuk menumbuhkan nilai-nilai religius tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggali strategi para guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan nilai-nilai religi serta menganalisis strategi guru pendidikan agama islam di MA Hidayatullah Baar Marotauk, Nusa Tenggara Timur. Metode yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi, dengan menggunakan sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara kepada kepala sekolah dan guru pendidikan agama islam di MA Hidayatullah Baar Marotauk, Nusa Tenggara Timur. Selanjutnya data yang diperoleh dilakukan pengecekan keabsahan data, yang bertujuan agar dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah. Hasil penelitian dari strategi guru ditemukan ada dua faktor penting yang mempengaruhi strategi guru pendidikan agama islam yaitu faktor intern dan faktor eksternal. Faktor intern yaitu dari dalam sekolah, sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar, seperti lingkungan dan keluarga.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cjotl

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Chalim Teaching and Learning Journal multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The ...