Jurnal Basicedu
Vol 6, No 6 (2022): December 2022

Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Tiok Setiawan (SD Negeri 2 Kradinan)
Juliana Margareta Sumilat (Universitas Negeri Manado)
Noula Marla Paruntu (SD Negeri 6 Tondano)
Non Norma Monigir (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) dan problem based learning (PBL) ditinjau dari pembelajaran tematik terintegrasi muatan pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia siswa kelas V SD. Subjek Penelitian adalah siswa kelas V SD N 2 Kradinan dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisa data berupa pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan serta teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kedua model pembelajaran PjBL dan PBL dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran namun jika dibandingkan antara kedua model tersebut diperoleh model PjBL lebih membuat aktif dalam proses kegiatan pembelajaran dan baik dari hasil belajar kognitif peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...