Jurnal Basicedu
Vol 6, No 4 (2022): August Pages 5501-7663

Literature Review: Evaluasi Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Menggunakan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product)

Muhammad Turmuzi (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram)
I Gede Ratnaya (Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha)
Syarifa Wahidah Al Idrus (FKIP Universitas Mataram)
Anak Agung Inten Paraniti (Universitas Mahasaraswati Denpasar)
I Nyoman Bagus Suweta Nugraha (Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2022

Abstract

Penerapan kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran belum 100% sejalan dengan tujuan kurikulum 2013, karena dalam praktiknya siswa masih cenderung diperlakukan hanya sebagai objek yang tidak tahu apa-apa yang mana mereka adalah peserta atau pendengar yang baik, sedangkan pada kurikulum 2013 siswa dituntut untuk aktif, kritis dan kreatif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengevaluasi keterlaksanaan Kurikulum 2013 menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Model CIPP tidak hanya fokus pada hasil, tetapi juga konteks, masukan, proses, dan hasil. Oleh karena itu, model CIPP dikatakan lebih komprehensif dibandingkan dengan model evaluasi lainnya. Metode penelitian ini adalah literature review, terlebih dahulu dianalisis penerapan model CIPP dalam evaluasi program, kemudian dianalisis penerapan model CIPP dalam evaluasi implementasi kurikulum 2013. Kesimpulan penelitian ini adalah pelatihan implementasi kurikulum 2013 penting dilakukan agar guru memahami perubahan yang harus dilakukan saat mengimplementasikan kurikulum.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...