Journal of Education, Cultural, and Politics
Vol. 1 No. 1 (2021): JECCO: First Edition

Persepsi Wali Murid SMPN 18 Padang terhadap Pelaksanaan Kebijakan Sistem Zonasi dalam PPDB

Sri Fifin Silpana (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan pelaksanaan dari kebijakan sistem zonasi, serta teknis pelaksanaan kebijakan sistem zonasi pada penerimaan peserta didik baru di SMP N 18 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah 870 serta sampel dari penelitian adalah 90 responden. Dengan teknik pengambilan sampel munggunakan teknik probability sampling. Dimana pada penelitian ini, responden yang dimaksud adalah wali murid dari kelas VII, VII dan IX di SMP N 18 Padang. Kebijakan ini dilakukan pada saat pelaksanaan penerimaan peserta didik baru dimana pelaksanaanya yaitu calon peserta didik harus bersekolah dengan jarak terdekat dari domisili atau sesuai dengan Kartu Keluarga. Sehingga pada penelitian ini mendapat temuan bahwa masyarakat yang dalam hal ini peneliti meneliti wali murid di SMP N 18 Padang ditinjau dari dua aspek yaitu aspek persepsi masyarakat terhadap pemahaman pelaksanaan kebijakan sistem zonasi pada PPDB dan aspek persepsi masyarakat terhadap sosialisasi pelaksanaan kebijakan sistem zonasi. Adapun hasil dari penelitian ini mencapai 61% dengan kategori tidak setuju, dimana pemahaman masayarakat terhadap pelaksanaan kebijakan sistem zonasi mencapai 65% yang termasuk ke dalam kategori tidak setuju serta persepsi masyarakat terhadap sosialisasi pelaksanaan kebijakan sistem zonasi mencapai 57% dengan kategori tidak setuju. Sehingga dapat dikatakan masyarakat tidak menyetujui dengan adanya atau diberlakukannya kebijakan sistem zonasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jecco

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal of Education, Cultural and Politics (JECCO) invites scholars, researchers, practitioners, and graduate students to submit their empirical original research papers on Education, Cultural and ...