Journal of Education, Cultural, and Politics
Vol. 1 No. 2 (2021): JECCO: Second Edition

Kendala-Kendala dalam Penyusunan dan Pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Program Merdeka Belajar : Studi pada Guru PPKn di SMA Negeri 1 Gunung Talang

Nadya Pradiva Fibra (Unknown)
Junaidi Indrawadi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2021

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kendala-kendala dalam penyusunan dan pelaksanaan RPP Program Merdeka Belajar dan upaya guru mengatasi kendala dalam penyusunan dan pelaksanaan RPP tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi serta dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan data yang diperoleh dengan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari segi penyusunan yaitu pertama, tidak dijelaskan Indikator Pencapaian Kompetensi. Kedua, teknik penilaian pada asessmentyang tidak mendetail. Kendala dari segi pelaksanaan RencanaPelaksanaan Pembelajaran Program Merdeka Belajaryaitu Pertama, adanya informasi yang tidak jelas sehingga guru bingung dalam pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Kedua, kesulitan guru menentukan tujuan dan kegiatan pembelajaran karena terkesan sederhana. Oleh karena itu upaya guru mengatasi kendala tersebut yaitu pertama,guru harus melihat Indikator Pencapaian Keahlian yang ada disilabus mata pelajaran yang akan diajarkannya. Kedua, dalam teknik penilaian atau asessmen guru bisa membuat dan melihat dilampiran. Ketiga, guru ikut sosialisasi seperti MGMP, Workshop, dan In House Trainning(IHT) serta ikut supervisi didalam kelas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jecco

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal of Education, Cultural and Politics (JECCO) invites scholars, researchers, practitioners, and graduate students to submit their empirical original research papers on Education, Cultural and ...