Abstraksi Dalam era globalisasi, pendidikan merupkan hal yang pokok sehingga menghasilkan banyak persaingan seperti halnya dalam penyelenggaraan lembaga kursus bahasa Inggris di kota Jakarta yang penyelenggaraanya sangat berdekatan. Berdasar latar belakang tersebut, maka dipilihkan studi pada lembaga kursus bahasa Inggris LIA yang memiliki 20 cabang di kota Jakarta. Dengan bentuk bisnis waralaba antara Yayasan LIA dan para Mitra, dimungkinkan cabang mitra tidak memperoleh kemajuan bilamana tidak mendapatkan peserta. Mengacu pada kondisi tersebut, maka digunakan suatu strategi pemasaran guna meningkatkan nilai pelanggan dan memperoleh loyalitas pelanggan malalui strategi experiential marketing dan marketing public relations.Loyalitas merupkan hal yang penting dalam menjaga keberlangsungan dan perkembangan. Oleh karenanya permasalahan penelitian ini adalah bagaimana cara mempertahankan pelanggan yang lama dan mendapatkan pelanggan baru melalui strategi experiential marketing dan strategi marketing public relation dalam menciptakan nilai pelanggan dalam rangka meningkatkan loyalitas pelanggan pada Lembaga Bahasa LIA di kota Jakarta. Sebuah permodelan telah dibangun dan lima hipotesis penelitian telah dirumuskan dalam penelitian ini.Penelitian ini menggunakan 120 responden dan keseluruhan responden adalah para siswa/i dan alumni di LB-LIA di kota Jakarta. Analisis data menggunakan Structural Eqution Modeling dengan program komputer AMOS. Komputasi atas model dan semua hipotesis yang yang diajukan menunjukkan hasil yang dapat diterima. Nilai standar estimasi dalam Standardized Regression Weight terbesar membuktikan bahwa nilai pelanggan merupakan faktor yang berpengaruh positif terhadap meningkatnya loyalitas pelanggan. Kemudian Experiential Marketing dan Marketing Public Relations turut berpengaruh secara positif terhadap loyalitas pelanggan dan juga terhadap nilai pelanggan. Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Nilai Pelanggan, Experiential Marketing dan Marketing Public Relations
Copyrights © 2019