DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 6, No 2 (2022): DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik

Mengembangkan Desain Didaktis Berdasarkan Hambatan Belajar dan Learning Trajectory Siswa pada Konsep Dasar Pecahan di Sekolah Dasar

Mimi Hariyani (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tatang Herman (Universitas Pendidikan Indonesia)
Didi Suryadi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sufyani Prabawanto (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan desain didaktis rekomendasi untuk mengatasi hambatan belajar siswa pada konsep dasar pecahan di sekolah dasar. Subjek penelitian melibatkan 20 orang siswa kelas III dan 30 orang siswa kelas V di 2 sekolah dasar di kota Bandung, Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa penelitian dengan desain didaktis melalui tiga tahapan analisis, yaitu: analisis prospektif, analisis metapedadidaktik dan analisis retrospektif, dengan teknik pengumpulan data triangulasi. Instrumen yang digunakan adalah tes dan nontes. Teknik tes dilakukan dengan memberikan soal-soal materi pecahan untuk mengetahui hambatan belajar siswa, sedangkan nontes berupa analisis video pembelajaran dan wawancara. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, desain didaktis yang telah dirancang mampu mengatasi beberapa hambatan belajar siswa. Secara umum, kerangka desain didaktis dapat dipertahankan dengan beberapa perubahan seperti mengurangi kegiatan yang memiliki tujuan serupa, pemilihan penggunaan kosa kata agar lebih dimengerti siswa serta memperluas prediksi dan antisipasi respon siswa. Dengan demikian, tindak lanjut dari penelitian ini diharapkan dapat memperbaiki bentuk instrumen dan rancangan bahan ajar sehingga akan lebih memfasilitasi siswa dalam memahami konsep dasar pecahan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...