JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik
Vol 6 No 2 (2021): Vol. 6 No. 2 (2021): Volume 6, Nomor 2, September 2021

EVALUASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Cici Saputri (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Abu Anwar (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Rian Vebrianto (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengevaluasi ketercapaian program pendekatan pembelajaran pada tingkat sekolah dasar di Kabupaten Natuna masa pandemi covid-19, (2) memberikan rekomendasi kepada tenaga pendidik dan pemerintah untuk perbaikan program pendekatan pembelajaran. Jenis penelitian adalah evaluasi program (evaluasi formatif) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian meliputi: (1) empat sekolah dasar di Natuna yakni SDN 2 Gunung Jambat, SDN 1 Jambat Laut, SDN 3 Tanjung Selamat dan SDN 1 Sabang Barat; (2) pengawas SD Kecamatan Suak Midai dan pengawas SD Kecamatan Midai; (3) Dinas Pendidikan Natuna. Analisis data yang digunakan Milles & Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan kesiapan sekolah dasar di Kabupaten Natuna untuk menerapkan pendekatan pembelajaran terintegrasi kurikulum dinilai baik, tapi kurang pengelolaan sarana prasarana pendukung, dukungan pemerintah dalam pelatihan guru masih kurang, kendala umum dihadapi sekolah kurangnya pemahaman guru untuk menerapkan pendekatan pembelajaran, dan kurangnya pelatihan guru menerapkan pendekatan pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik e-ISSN : 2527-6891 is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The innovation of teachers and lecturers in the development of the education sector can ...