Setiap peserta didik mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam memahami suatu konsep dari materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui letak kesulitan dan faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik kesulitan belajar materi metabolisme pada kelas XII MIA 1 MAN Majene, serta (2) mengetahui pendapat peserta didik mengenai upaya mengatasi kesulitan belajar materi metabolisme pada kelas XII MIA 1 MAN Majene. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII MIA MAN 1 Majene yang berjumlah 38 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pembagian angket untuk mengetahui kesulitan belajar peserta didik dan dokumentasi yang dikumpulkan menggunakan kamera (handphone). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesulitan belajar peserta didik XII MIA 1 MAN 1 Majene dalam memahami materi metabolisme disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, dan (2) upaya mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah dengan menanamkan keinginan dalam diri peserta didik kelas XII MIA 1 MAN 1 Majene untuk berusaha memahami materi yang ada.
Copyrights © 2024