Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST)
Vol. 6 No. 2 (2024): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology

Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Materi Metabolisme

Sainab, Sainab (Unknown)
Husnawati, Husnawati (Unknown)
Nurdin, Gaby Maulidya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Setiap peserta didik mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam memahami suatu konsep dari materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui letak kesulitan dan faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik kesulitan belajar materi metabolisme pada kelas XII MIA 1 MAN Majene, serta (2) mengetahui pendapat peserta didik mengenai upaya mengatasi kesulitan belajar materi metabolisme pada kelas XII MIA 1 MAN Majene. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII MIA MAN 1 Majene yang berjumlah 38 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pembagian angket untuk mengetahui kesulitan belajar peserta didik dan dokumentasi yang dikumpulkan menggunakan kamera (handphone). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesulitan belajar peserta didik XII MIA 1 MAN 1 Majene dalam memahami materi metabolisme disebabkan oleh faktor internal dan eksternal, dan (2) upaya mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah dengan menanamkan keinginan dalam diri peserta didik kelas XII MIA 1 MAN 1 Majene untuk berusaha memahami materi yang ada.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

2

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Library & Information Science Other

Description

J-HEST Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology diterbitkan oleh Forum Dosen Indonesia DPD Sulawesi Barat satu kali dalam enam bulan (Desember dan Juni). Jurnal ini sebagai media komunikasi ilmiah bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, sains, dan ...