Penelitian ini berkaitan dengan pengembangan tes Higher Order Thinking Skills (HOTS) pembelajaran garis dan sudut pada siswa kelas 7 SMP Al Washliyah Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji perluasan perangkat dan merumuskan tes HOTS dalam bentuk deskriptif berdasarkan pembelajaran matematika yang sebenarnya berdasarkan kriteria assesment. Jenis penelitian ini berbentuk Research and Development. Proses ekspansi evaluasi dengan mengembangkan model 4-D istilah define, design, develop dan disseminate. Untuk disseminate, tidak ada implementasi yang dilakukan. Teknik pengumpulan data adalah pemantauan dan eksperimen. Penilaian digunakan dalam penelitian adalah alat uji dan lembar validasi. Diketahui bahwa tes valid yang berasal akan memiliki peringkat validator pada lembar validasi, yang menunjukkan bahwa review yang dikembangkan adalah baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama tahap pengembangan, ditemukan bahwa penilaian tes berbasis Realistic Mathematics Education konsisten dengan kriteria yang ditetapkan, yaitu valid dan reliabel karena rhitung0,434 dan tingkat kesulitan tes termasuk kategori sedang dan mudah, serta daya pembeda secara keseluruhan instrumen tesnya bagus karena lebih besar dari 0,2.
Copyrights © 2022