Abstrak Electronic Learning atau yang disingkat e-learning telah banyak digunakan dalam dunia pendidikan saat ini karena dapat digunakan untuk membantu proses transformasi paradigma pembelajaran dari teacher-centered menuju student-centered. Selain itu, e-learning memiliki fitur-fitur yang dapat digunakan tenaga pengajar untuk menunjang kegiatan pembelajaran seperti video streaming, virtual laboratory, virtual library, self assessment dan sebagainya. Dalam mata kuliah berbasis praktik, penggunaan video tutorial pada e-learning dirasa perlu sebagai sumber belajar alternatif. Hal ini dikarenakan video tutorial mampu menampilkan pembelajaran tertentu secara berulang-ulang sesuai keinginan pengguna.Tujuan jangka pendek dalam penelitian ini adalah untuk membuat video tutorial yang layak sebagai sumber belajar alternatif dalam mata kuliah Desain Grafis, dimana video tutorial yang telah dibuat nantinya akan disematkan pada e-learning IKIP Veteran Jawa Tengah dan diharapkan mampu untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa setelah menggunakan video tutorial yang terdapat pada e-learning. Tujuan jangka panjang penelitian ini adalah mampu untuk menciptakan macam-macam video tutorial pada e-learning dalam mata kuliah lainnya yang berbasis praktik dan memperkaya konten e-learning itu sendiri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan mahasiswa sangat tertarik dengan adanya video tutorial pada e-learning IKIP Veteran dan video tutorial tersebut juga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: e-learning, Video Tutorial, Desain Grafis, Sumber Belajar Alternatif.
Copyrights © 2018