Jurnal Ilmiah Edutic : Pendidikan dan Informatika
Vol 8, No 1 (2021): NOVEMBER 2021

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Rafiud Ilmudinulloh (Institut Agama Islam Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Pembelajaran abad 21 mendorong guru untuk meningkatkan kompetensi teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe yang layak digunakan pada mata pelajaran bahasa Inggris, oleh karenanya metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R and D). Model pengembangan dalam penelitian ini diadaptasi dari Sadiman yang meliputi tahapan – tahapan: 1) Identifikasi Kebutuhan, 2) Perumusan Tujuan, 3) Perumusan Butir-Butir Materi, 4) Perumusan Instrumen Penilaian, 5) Penulisan Naskah Media, 6) Uji Coba, 7) Revisi, dan 8) Siap Produksi. Jenis data terdiri dari data verbal, dan data numerik. Instrumen penelitian terdiri dari wawancara terbuka, observasi dan angket. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe memenuhi kriteria kelayakan setelah menyelesaikan tahapan – tahapan pengembangan adaptasi Sadiman. Ahli materi dan media memberikan peniliaan dengan kualifikasi baik dan tidak perlu direvisi. Dan uji coba lapangan mendapat penilaian dengan kualifikasi sangat baik dan tidak perlu direvisi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edutic

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Ilmiah Edutic Pendidikan dan Informatika is a journal published by the Informatics Education Study Program, Universitas Trunojoyo Madura. Eductic contains publications on the results of thoughts and research in the field of education and information technology. Eductic is published twice a ...