Natural Science Education Research (NSER)
Vol 5, No 1 (2022): Natural Science Education Research

IMPLEMENTASI MODEL EXPERIENTIAL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Marfiatul Hajjah (Prodi Pendidikan IPA, fakultas ilmu pendidikan, universitas trunojoyo madura)
Fatimatul Munawaroh (Prodi Pendidikan IPA, fakultas ilmu pendidikan, universitas trunojoyo madura)
Ana Yuniasti Retno Wulandari (Prodi Pendidikan IPA, fakultas ilmu pendidikan, universitas trunojoyo madura)
Yunin Hidayati (Prodi Pendidikan IPA, fakultas ilmu pendidikan, universitas trunojoyo madura)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

AbstrakPembelajaran IPA tidak cukup sekedar menjadi produk saja, melainkan juga menjadi proses dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Memberikan pengalaman kepada siswa sehingga mampu mengembangkan kemampuan berpikir melalui penerapan model Experiential Learning merupakan solusi yang cocok terhadap fakta di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Experiential Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, dan mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan hasil uji N Gain Score. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Bangkalan dengan sampel VIII-C. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon dan uji N Gain Score. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Experiential Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan analisis data tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) ada pengaruh model Experiential Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. (2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan hasil uji N Gain Score memiliki rata-rata sebesar 0,67 dengan kategori sedang.Kata Kunci: berpikir kritis, experiential learning, dan model pembelajaran. Abstract Leaning science is not enough to just be a product, but also a process and application in everyday life. Providing experience to students so that they are able to develop their ability to think through the application of the experiential learning model is a suitable solution to the fact in the field. The purpose of this research to know the influence of experiential learning model to improve student’s critical thinking skill, and the level of student’s critical thinking skill based on N Gain Score test result. The population use student VIII SMPN 3 Bangkalan with sample on class VIII-C. Type of analyzing data use wilcoxon test and N Gain Score test. The result of analyzing data shows that is influence of experiential learning model to train critical thinking skill, by the signification is about 0,000. Based on the analyzes can be concluded that the (1) there is the influence of experiential learning model to improve student’s critical thinking skilll. (2) The level of student’s critical thinking skill based on N Gain Score test result.has average value about 0,67 by medium category. Keyword: critical thinking,experiential learning, learning model.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...