cover
Contact Name
Aditya Rakhmawan
Contact Email
nser.jurnal@trunojoyo.ac.id
Phone
+6285794970555
Journal Mail Official
fatim@trunojoyo.ac.id
Editorial Address
RKB D Lantai 2 Ruang 216 Universitas Trunojoyo Madura Jl Raya Telang PO BOX 2 Kamal Bangkalan
Location
Kab. bangkalan,
Jawa timur
INDONESIA
Natural Science Education Research (NSER)
ISSN : -     EISSN : 26544210     DOI : https://doi.org/10.21107/nser
Core Subject : Science, Education,
Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada bulan Maret dan Juli dan 2) Conference Series terbit bulan November. Fokus NSER adalah publikasi penelitian pendidikan dalam bidang IPA baik dalam bentuk penelitian kualitatif, kuantitatif, pengembangan, R and D, atau mixed methods. Cakupan NSER adalah penelitian pendidikan dalam bidang IPA yang meliputi: 1) penerapan model, metode, strategi dan teknik; 2) Media pembelajaran IPA; 3) Evaluasi dan penilaian; 4) Pembelajaran IPA terpadu; 5) Etnosains; 6) Teori Belajar dan Pembelajaran; 7) Kurikulum IPA; 8) Miskonsepsi dalam IPA dan berbagai bentuk penelitian pendidikan di bidang IPA.
Articles 302 Documents
ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TATA SURYA Nafsah, Wilda Zakyatun; Muharrami, Laila Khamsatul; Hadi, Wiwin Puspita; Rosidi, Irsad
Natural Science Education Research Vol 2, No 2 (2019): Natural Science Education Research
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (670.533 KB) | DOI: 10.21107/nser.v2i2.6252

Abstract

PERSEPSI CALON GURU IPA DAN MATEMATIKA TERHADAP PEMBELAJARAN BERORIENTASI STEM Ani Afifah; Nur Qomaria
Natural Science Education Research Science Education National Conference 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (681.429 KB) | DOI: 10.21107/nser.v1i2.4840

Abstract

Pembelajaran STEM merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan Science, Technology, Engineering, dan Mathematics dengan berfokus  pada pemecahan masalah nyata dalam  kehidupan sehari-hari. Pembelajaran  STEM memberi kesempatan kepada guru untuk menunjukkan pada siswa bahwa konsep dan prinsip Science, Technology, Engineering, dan Mathematics yang digunakan secara simultan dapat diterapkan dalam pengembangan produk, proses, dan sistem dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi calon guru IPA dan matematika terhadap pembelajaran berorientasi  STEM. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2015 di Prodi Pendidikan IPA Universitas Trunojoyo Madura dan Prodi Pendidikan Matematika di STKIP PGRI Pasuruan. Data dikumpulkan melalui angket terbuka dan dianalisis dengan pengkodean kesamaan pendapat dan dihitung banyaknya subjek dengan pendapat yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa baik calon guru IPA maupun calon guru matematika memberikan persepsi positif terhadap pembelajaran STEM. Subjek juga menunjukkan persepsi positif terhadap pengaplikasian pembelajaran STEM dalam kelas mereka di masa depan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA Mutmainnah, Mutmainnah; Ahied, Mochammad; Rosidi, Irsad; Hidayati, Yunin
Natural Science Education Research Vol 1, No 1 (2018): Natural Science Education Research
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (651.052 KB) | DOI: 10.21107/nser.v1i1.4150

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran siklus belajar empiris induktif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimendan dilaksanakan di MTsN 3 Pamekasan, dengan populasi semua siswa kelas VIII tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling. Hasil pada penelitian menunjukkan: terdapat pengaruh model pembelajaran siklus belajar empiris induktif pada pembelajaran IPA terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dengan hasil uji t diperoleh nilai positif thitung 2.967 lebih dari nilai ttabel 2.0003 dan nilai signifikansi 0.004 kurang dari 0.05 sehingga H0  ditolak dan H1 diterima, hasil tes ketermpilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen mencapai kriteria ketuntasan minimum yaitu 76.83.
PENGEMBANGAN POCKETBOOK IPA BERBASIS SETS PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI Difia Mardiyanti1; Yunin Hidayati; Nur Qomaria; Ana Yuniasti Retno Wulandari
Natural Science Education Research Vol 2, No 3 (2020): Natural Science Education Research
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1533.592 KB) | DOI: 10.21107/nser.v2i3.13763

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D. Penelitian dibatasi sampai tahap pengembangan tanpa dilakukan tahap penyebaran. Produk yang dikembangkan dalam penelitian yaitu Pocketbook IPA Berbasis SETS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keterbacaan, respons siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa setelah diterapkan produk pengembangan. Desain penelitian menggunakan one-shot case studydengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII C SMPN 8 Pamekasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pocketbook yang dikembangkan sangat layak digunakan berdasarkan penilaian kelayakan materi dan media. Hasil validitas materi yaitu 91,96% dengan kriteria sangat valid dan reliabilitas 96,30% dengan kriteria sangat reliabel. Hasil validitas media yaitu 95,49% dengan kriteria sangat valid dan reliabilitas 95,63 dengan kriteria sangat reliabel. Hasi respons siswa yaitu 83,48% dengan kriteria sangat menarik dan hasil keterbacaan pocketbook yaitu 82,92% dengan kriteria sangat baik. Rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa yaitu 70,73% dengan kriteria kritis.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE (SSCS) TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK Mursyidah, Rossy; Muharrami, Laila Khamsatul; Rosidi, Irsad; Hadi, Wiwin Puspita
Natural Science Education Research Vol 2, No 1 (2019): Natural Science Education Research
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (708.236 KB) | DOI: 10.21107/nser.v2i1.5569

Abstract

PENGARUH KREATIVITAS VERBAL DENGAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PENYELESAIAN MASALAH IPA Sulaiha Sulaihah; Mochammad Ahied; Irsad Rosidi
Natural Science Education Research Science Education National Conference 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.822 KB) | DOI: 10.21107/nser.v1i2.4808

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas verbal terhadap kemampuan penyelesaian masalah IPA dengan penerapan model problem solving di SMP Negeri 1 Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Pre-Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Sampel yang digunakan adalah kela VIII J dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data pengujian hipotesis menggunakan uji Regrei Linier Sederhana dengan program SPSS versi 18.00. Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,010 pada signifikansi 0,05 (0,0100,05) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut makadapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kreativitas verbal dengan pembelajaran problem solving terhadap kemampuan penyelesaian masalah IPA. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kreativitas verbal yaitu 45,20 dengan kriteria sedang dan  nilai rata-rata kemampuan penyelesaian masalah IPA yaitu 63,40 dengan kriteria baik.
ANALISIS KEBUTUHAN BAHAN AJAR SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI ZAT DAN CAMPURAN Dian Permana Putri; Ira Rahayu; Eva Ari Wahyuni
Natural Science Education Research Vol 5, No 1 (2022): Natural Science Education Research
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.618 KB) | DOI: 10.21107/nser.v5i1.15757

Abstract

Literasi sains dapat diartikan sebagai pengetahuan dan kecakapan ilmiah untuk dapat mengidentifikasi pengetahuan baru, menjelaskan fenomena ilmiah, serta mengambil simpulan berdasarkan fakta, memahami karakter sains, kesadaran bagaimana sains dan teknologi membentuk lingkungan alam, intelektual dan budaya serta kemauan untuk terlibat dan peduli terhadap isu yang terkait sains. Etnosains dapat meningkatkan keterampilan berpikir dan keterampilan generic sains siswa dengan mempergunakan aspek budaya lokal dalam pembelajaran. Pembelajaran yang mengangkat budaya lokal untuk dijadikan suatu objek pembelajaran sains mampu meningkatkan penguasaan literasi sains siswa, karakter, motivasi dan minat siswa. Pada penelitian ini akan dirancang bahan ajar interaktif berbasis etnosains berdasarkan analisis kebutuhan yang diperoleh dari hasil wawancara dengan salah seorang guru dan angket siswa di salah satu sekolah dasar, Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan.  Hasil penelitian didapatkan bahwa guru membutuhkan bahan ajar interaktif yang memacu siswa dalam memahami materi demikian pula siswa, siswa menginginkan bahan ajar yang lengkap untuk membantu maemahami materi yang sedang dipelajari, sehingga dihasilkan sebuah rancangan bahan ajar interaktif berbantuan PPT yang diuji kelayakannya oleh ahli materi dan media. Hasil uji menyatakan bahwa bahan ajar layak untuk digunakan.
ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI LISTRIK STATIS MENGGUNAKAN FOUR TIER TEST Diana Islami; Fatimatul Munawaroh; Wiwin Puspita Hadi; Ana Yuniasti Retno Wulandari
Natural Science Education Research Science Education National Conference 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (700.545 KB) | DOI: 10.21107/nser.v1i2.4794

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui miskonsepsi siswa pada materi listrik statis. Listrik statis adalah listrik yang diam untuk sementara pada suatu benda. Tes miskonsepsi dilakukan pada listrik statis karena materi ini membutuhkan pemahaman yang lebih tinggi. Subyek penelitian terdiri dari siswa kelas X berjumlah 60 siswa dari 3 kelas. Instrumen tes yang digunakan terdiri dari 15 soal listrik statis dengan metode four tier test. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 47% siswa mengalami miskonsepsi, 7% siswa paham konsep, 36% siswa tidak paham, dan 10% siswa error. Hasil wawancara menunjukkan bahwa faktor penyebab miskonsepsi adalah kemampuan siswa, minat belajar, konsep awal siswa, intuisi yang salah dan buku siswa.
PENGARUH LKS INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI NILAI-NILAI KEISLAMAN UNTUK MELATIH KARAKTER SISWA Yuli Permata Sari; Laila Khamsatul Muharrami; Irsad Rosidi; Wiwin Puspita Hadi
Natural Science Education Research Vol 5, No 1 (2022): Natural Science Education Research
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.235 KB) | DOI: 10.21107/nser.v5i1.4481

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter siswa terhadap LKS inkuiri terbimbing berorientasi nilai-nilai keislaman. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Raudlatul Falah Pati, pada kelas VII-A tahun ajaran 2017/2018. Karakter siswa setelah pembelajaran menggunakan LKS inkuiri terbimbing berorientasi nilai-nilai keislaman mengalami peningkatan sebesar 8,13%.
PENGARUH BAHAN AJAR BERBASIS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL UNTUK MELATIH KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA Nazilah, Nurun; Muharrami, Laila Khamsatul; Rosidi, Irsad; Wulandari, Ana Yuniasti Retno
Natural Science Education Research Vol 2, No 1 (2019): Natural Science Education Research
Publisher : Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (630.121 KB) | DOI: 10.21107/nser.v2i1.4162

Abstract

ABSTRAKPenelitian yang telah dilakukan merupakan jenis penelitian quasy experiment dengan menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Pamekasan kelas VII F pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berbasis socio-scientific issues terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi pemanasan global. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan  dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh bahan ajar berbasis socio-scientific issues pada materi pemanasan global terhadap kemampuan literasi sains siswa dengan signifikansi sebesar 0,000 yang kurang dari taraf signifikansi 0,05 dan -15,785 kurang dari  2,04523 kurang dari  15,785 sehingga H0 ditolak. Kemampuan literasi sains awal siswa sangat rendah, namun saat diberikan bahan ajar berbasis socio-scientific issues menjadi cukup. Penggunaan bahan ajar berbasis socio-scientific issues dinyatakan berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa.  

Page 1 of 31 | Total Record : 302