Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 2 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Peningkatan Kemampuan Memukul Bola Kasti dengan Menggunakan Modifikasi Alat Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar

Ahmad Habibi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Gondoharum, Jekulo, Kudus yang berjumlah 22 siswa. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan penilaian hasil belajar memukul bola kasti. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan modifikasi alat bantu pemukul dan bola dapat meningkatkan hasil belajar memukul bola kasti siswa dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada pratindakan tidak menggunakan modofikasi alat bantu pemukul dan bola untuk membantu siswa dalam mempelajari gerakan memukul bola kasti sehingga proses pembelajaran menjadi monoton dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, siswa yang tuntas mencapai 86,36%, sedangkan pada siklus II mencapai 90,90%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...