Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 1 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN SEKECAMATAN KUTOARJO TAHUN AJARAN 2020/2021

Lia Mei Saputri (Unknown)
Suhartono Suhartono (Unknown)
Wahyudi Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

AbstrakHasil belajar merupakan proses untuk melihat sejauh mana siswa menguasai pembelajaran setelah mengikuti proses belajar mengajar. Salah satu faktor yang memengaruhi hasil belajar yaitu faktor eksternal. Dalam penelitian ini faktor eksternal yang dimaksud adalah pola asuh orang tua. Peneltian ini bertujuan untuk (1) membuktikan adanya pengaruh dan mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh demokratis terhadap hasil belajar maematika, (2) membuktikan adanya pengaruh dan mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh otoriter terhadap hasil belajar maematika, (3) membuktikan adanya pengaruh dan mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh permisif terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi dan pengujian hipotesis menggunakan analisis varian satu jalur. Populasi penelitian ini berjumlah 794 siswa dengan jumlah sampel 270 siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kutoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket, data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pola asuh demokratis berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD sebesar 83,1% dan sisanya dipengaruhi faktor lain, (2) Pola asuh otoriter berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD sebesar 23% dan sisanya dipengaruhi faktor lain, (3)  Pola asuh permisif berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD sebesar 65,6% dan sisanya dipengaruhi faktor lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...