AbstrakHasil belajar merupakan proses untuk melihat sejauh mana siswa menguasai pembelajaran setelah mengikuti proses belajar mengajar. Salah satu faktor yang memengaruhi hasil belajar yaitu faktor eksternal. Dalam penelitian ini faktor eksternal yang dimaksud adalah pola asuh orang tua. Peneltian ini bertujuan untuk (1) membuktikan adanya pengaruh dan mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh demokratis terhadap hasil belajar maematika, (2) membuktikan adanya pengaruh dan mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh otoriter terhadap hasil belajar maematika, (3) membuktikan adanya pengaruh dan mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh permisif terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi dan pengujian hipotesis menggunakan analisis varian satu jalur. Populasi penelitian ini berjumlah 794 siswa dengan jumlah sampel 270 siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kutoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket, data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pola asuh demokratis berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD sebesar 83,1% dan sisanya dipengaruhi faktor lain, (2) Pola asuh otoriter berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD sebesar 23% dan sisanya dipengaruhi faktor lain, (3) Pola asuh permisif berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD sebesar 65,6% dan sisanya dipengaruhi faktor lain.
Copyrights © 2022