Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 2 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Siklus Air Tanah pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Banaran 04

Yuliana Pratiwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2022

Abstract

Peserta didik mengalami permasalahan pada mata pelajaran IPA materi siklus air tanah. Hal ini diperlihatkan dengan hasil belajar yang masih kurang. Peneliti melakukan penelitian pada pembelajaran IPA siklus air tanah menggunakan media pembelajaran diorama siklus air tanah. Tujuan dari penelitian yaitu (1)  mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran diorama siklus air tanah dalam materi siklus air tanah, (2) mendeskripsikan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Banaran 04 dalam materi siklus air tanah menggunakan media pembelajaran diorama siklus air tanah. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD Negeri Banaran 04. Penelitian dilaksanakan dengan metode kualitatif deskriptif, dengan  pengumpulan data wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran diorama siklus air tanah memberikan pengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik kelas V SD Negeri Banaran 04. Pretest peserta didik mendapatkan hasil belajar 66,42 dan setelah menggunakan media pembelajaran diorama siklus air tanah meningkat menjadi 87,07.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...