Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 1 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

PENGARUH FREKUENSI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI SEKECAMATAN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2020/2021

Ridwan Fauzi (Unknown)
Suhartono Suhartono (Unknown)
Wahyudi Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN se-Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021 dan (2) mengetahui besarnya sumbangan efektif kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN se-Kecamatan Kebumen Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasi. Populasi penelitian ini berjumlah 1.400 siswa dengan jumlah sampel 330 siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes, lalu dianalisis menggunakan regresi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN se-Kecamatan Kebumen sebesar 17,80% dengan Sig. 0,000 < 0,05 dan rhitung (0,422) > rtabel (0,107), yang artinya semakin tinggi kebiasaan belajar, maka akan semakin tinggi pula hasil belajar matematika, dan begitu juga sebaliknya, (2) nilai sumbangan efektif variabel kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 17,80% dan sisanya sebesar 82,20% dipengaruhi faktor lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...