Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 2 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Pendekatan Concrete Represetational Abstract (CRA) Pada Muatan Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar

Leny Retno Indriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2022

Abstract

Penerapan pendekatan Concrete Repesetation Abstract (CRA) untuk meningkatkan pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Ruang lingkup pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah meliputi bilangan, geometri dan pengukuran, aljabar, statistika dan peluang, trigonometri serta kalkulus. Tujuan literatur ini adalah untuk menunjukan penerapan pendekatan Concrete Repesetation Abstract (CRA) yang dapat meningkatkan hasil pembelajaran matematika di sekolah dasar. Concrete Repesetation Abstract (CRA) merupakan pendekatan yang mengutamakan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan membantu siswa untuk membangun pengetahuan mereka sendiri tentang konsep matematika yang abstrak. Pendekatan Concrete Repesetation Abstract (CRA) dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu tahap konkret,tahap repesentatif dan tahap abstrak. Penerapan pendekatan Concrete Repesetation Abstract (CRA) di sekolah dasar dapat meningkatkan pembelajaran matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...