Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 14th University Research Colloquium 2021: Bidang Ekonomi dan Bisnis

The Effect of Testimonials, Service Quality and Service Price Perceptions Mediated by Variety Seeking Variables on Purchase Decisions Personal Shopper (@Jastipsolo_)

K Kussudyarsana (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Novita Kusuma Rahmadhoni (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
M. Sholahudin (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Nur Ahmad (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh testimoni, kualitas pelayanan dan persepsi harga layanan yang dimediasi oleh variabel variety seeking terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada calon konsumen jasa titip (@Jastipsolo_) yang belum pernah menggunakan jasa titip (@Jastipsolo_) dan berusia minimal 17 tahun dengan menggunakan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS yang perhitungannya dibantu dengan program SmartPLS 3.2.9. Analisis evaluasi model Partial Least Square (PLS) dilakukan dengan evaluasi outer model dan evaluasi inner model. Hasil dari penelitian ini adalah testimoni memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian pada jasa titip (@Jastipsolo_). Sedangkan kualitas pelayanan dan persepsi harga layanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian pada jasa titip (@Jastipsolo_). Testimoni, kualitas pelayanan dan persepsi harga layanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap variety seeking. Variety seeking memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Testimoni dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian pada jasa titip (@Jastipsolo_) melalui mediasi variety seeking. Sedangkan persepsi harga layanan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian pada jasa titip (@Jastipsolo_) melalui mediasi variety seeking. Implikasi : Hasil ini memiliki implikasi bagi penyedia usaha jasa titip, khususnya @Jastipsolo_ terkait dalam hal strategi pemasaran, testimoni yang memunculkan hal negatif dapat memperlemah variety seeking dan keputusan pembelian pada jasa titip (@Jastipsolo_). Semakin tinggi kualitas pelayanan, maka dapat meningkatkan variety seeking dan keputusan pembelian pada jasa titip (@Jastipsolo_). Dan semakin baik persepsi harga layanan, maka dapat memperkuat variety seeking dan keputusan pembelian pada jasa titip (@Jastipsolo_).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

proceeding

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology

Description

University Research Colloquium (URECOL) merupakan forum seminar nasional yang memberikan kesempatan untuk diseminasi, diskusi, dan mendapatkan follow up atas luaran penelitian maupun pengabdian kepada ...