Permasalahan dalam penelitian ini adalah: apakah dengan memberikan umpan balik langsung bisa mempengaruhi dan meningkatkan hasil belajar keterampilan smash dalam permainan bola voli pada siswa SMA Negeri 1 Touluaan? Tujuan penelitian ini adalah untukmengujiapakah rata-rata skor keterampilan smash pada siswaKelas XI SMA 1 Touluaan yang diajardengan pemberian umpan balik langsung lebihtinggidibandingkandengan rata-rata keterampilan smash siswa yang tidakdiberikanperlakuan. Hipotesa dalam penelitian adalah pemberian umpan balik langsung memberi pengaruh terhadap hasil belajar keterampilan smash dalam permainan bola voli pada siswa SMA Negeri 1 Touluaan. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah: Eksperimen dengan desain âPre-test And Post-test Randomized Two Group Design.â Penelitian ini melibatkan 20 sampelsiswa putra kelas XI SMA Negeri 1 Touluaan tahun ajaran 2014/2015, kemudian sampel tersebut dibagi dalam dua kelompok yakni kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan umpan balik langsung berjumlah 10 orang dan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan dengan umpan balik langsung berjumlah 10 orang. Instrument yang digunakan dalam  penelitian ini adalah tes smash dalam permainan bola voli dengan alat/perlengkapan tes yang digunakan adalah sebagai berikut : 1) Lapangan bola voli; 2) Net dan tiang net; 3) Stop watch; 4) Bola voli 5 buah dan (5) Alat tulis. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis statistik uji-t, sebelum uji-t dilakukan maka terlebih dahulu diawali dengan pengujian persyaratan analisis yaitu uji normalitas data dan uji homogenitas varians. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pemberian umpan balik langsung dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan smash dalam permainan bola voli kelompok eksperimen; 2) Terjadi peningkatan hasil belajar keterampilan smash dalam permainan bola voli yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberikan perlakuan dengan pemberian umpan balik langsung; 3) Tidak terjadi peningkatan hasil belajar keterampilan smash dalam permainan bola voli pada kelompok kontrol; 4) Peningkatan hasil belajar keterampilan smash dalam permainan bola voli ditemukan lebih baik pada kelompok eksperimen dibanding kelompok kontrol. Kesimpulan penelitian adalah pemberian umpan balik langsung memberi pengaruh terhadap hasil belajar keterampilan smash dalam permainan bola voli pada siswa SMA Negeri 1 Touluaan.   Kata Kunci : Umpan Balik Langsung, Hasil Belajar, Keterampilan Smash
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014